7 Cara Gampang Agar Goal Menabung Tidak Gagal Terus

Sebagai contoh, apabila kamu hobi beli kopi di luar bisa langsung diganti dengan membuat kopi sendiri dari rumahatau tempat kerja. Jadi bila gaji kita Rp 2 juta perbulan, maka paling sedikit kita harus menyisihkan Rp 200 ribu untuk ditabung. Namun jangan putus asa jika Anda belum bisa menjalankannya.

Bisa jadi penyebab Sobat Pintar kesulitan menabung adalah menganggap bahwa Sobat Pintar masih punya banyak simpanan uang setelah menerima gaji. Padahal, anggapan itu muncul karena Sobat Pintar menutupi rasa bersalah saat mengeluarkan uang secara impulsif. Jika begitu, maka solusinya adalah, Sobat Pintar harus terbiasa mencatat pemasukan dan menyisihkan di awal uang gajian sudah masuk ke rekening. Bagi sebagian orang menabung merupakan hal atau kebiasaan yang menyulitkan. Salah satu faktornya adalah karena mungkin jarang menabung dan bingung harus mengalokasikan berapa untuk menabung. Jika kamu merasa kesulitan untuk menabung karena kamu merasa bahwa gaji atau penghasilanmu pas-pasan maka kamu bisa memulainya dengan nominal yang kecil.

Sebab, dengan hidup hemat, Anda memprioritaskan kebutuhan untuk hal yang sifatnya esensial. Hal ini bisa mulai dilakukan dengan menyisihkan sebagian penghasilan dari gaji yang diperoleh setiap bulan. Walaupun terdengar konvensional tetapi percaya atau tidak ini bisa menjadi tips menabung, tips menabung di rumah yang praktis.

Liputan6.com, Jakarta – Menabung bisa dibilang sebagai suatu hal yang umum dilakukan oleh sebagian besar orangyang memiliki penghasilan. Memiliki simpanan atau uang lebih yang bisa digunakan di masadepan untuk berbagai kepentingan memang baik. Ingin capai goal yang tinggi pasti butuh revenue yang banyak. Kamu bisa menemukan berbagai cara mendapatkan uang bahkan dari Internet. Misalnya jadi freelancer penulis, fotografi, desain grafis, atau yang lainnya. Cara lain adalah menjual barang-barang yang sudah tidak kamu pakai namun masih layak digunakan.

Menabung memang harus dibiasakan sejak kecil karena kebiasaan menabung bukan kebiasaan yang terjadi dalam satu malam. Orang tua kita juga pada zaman kita masih sekolah selalu bilang untuk menyisihkan uang jajan dan ditabung di celengan. Nah supaya kamu nggak rugi dalam pemakaiannya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Kamu termasuk orang yang sulit banget menyimpan uang, dan sering mengalami gaji bulanan ludes sangat cepat dan nyaris tak bisa menabung? Kalau ya, kamu perlu tahu cara bijak dalam mengalokasikan uang agar tak terus-terusan kebobolan.

hal yang bisa kita lakukan untuk menabung

Hal ini dilakukan untuk mencegah kita dari “godaan” untuk mengambil uang tabungan. Jika anak sudah mulai disiplin menabung, kita bisa membuka rekening tabungan atas namanya sendiri di bank. Sekarang ini, mulai banyak bank yang menawarkan rekening tabungan khusus untuk anak-anak dengan kartu dan buku tabungan bergambar tokoh kartun menarik. Jangan lupa buat jadwal secara teratur kapan saja Si Kecil bisa menyetorkan uangnya ke bank.

Saat kamu berkomitmen untuk menabung, kamu juga harus kurangi kegiatan yang sifatnya konsumtif. Karena bagaimanapun cara menabung yang kamu terapkan, itu susah untuk kamu praktikan jika kamu masih sering hangout dan membuang-buang uang serta foya-foya. Padahal menabung itu punya banyak manfaat untuk diri kamu sendiri.

Contohnya seperti kamu mau membeli barang, tapi mengambil uang dari tabungan masa depan. Kalau seperti itu nggak akan pernah berhasil dan keinginan menjadi kaya hanyalah keinginan belaka. Jenis investasi ini adalah jenis investasi yang cukup diminati masyarakat di Indonesia. Hal tersebut disebabkan karena harga emas setiap tahunnya mengalami peningkatan. Jika Anda tertarik berinvestasi emas, maka lebih baik jika Anda membeli emas batangan atau koin agar tidak terkena biaya tambahan seperti biaya pembuatan.

“Hemat dan menabung tidak membuat jadi kaya. Investasi dan pendapatan yang tinggi membuatmu tetap kaya dan makin kaya.” “Bukan gaji yang membuatmu kaya, tapi kebiasaanmu untuk menabung yang membuatmu selalu berkecukupan.” “Menabung masa tua dengan kebaikan, bukan untuk duduk nyaman di akhir hidup, melainkan penolong di awal kehidupan abadi akhirat.” Atau terlalu sering melihat-lihat toko on-line yang tersebar di berbagai media, banyak barang-barang yang sangat menarik dan akhirnya jadi sering belanja. Jangan hanya investasi yang semangat di awal, mandek di tengah jalan.

Menghindari pengeluaran yang tidak begitu penting adalah salah satu kunci menabung. Jika sebelumnya Anda terbiasa membeli kopi di kafe, mulailah untuk mengurangi intensitasnya. Dengan tujuan yang jelas di masa mendatang akan menjadi penyemangat Anda untuk menyisihkan pundi demi pundi demi cepat mencapai tujuan tersebut.