Apa Itu Investasi? Simak Cara Berinvestasi, Contoh Dan Kegunaannya Berikut Ini!

Kondisi keamanan suatu wilayah atau negara turut memengaruhi perekonomian. Bila kondisi keamanan suatu wilayah atau negara baik, maka investor akan berani menanamkan modalnya. Sebaliknya, investor akan ragu untuk melakukan investasi di wilayah yang kondisi keamanannya tidak stabil.

Investasi

Bila kamu memilih untuk investasi saham, ada baiknya kamu mendiversifikasikan portofoliomu juga ke instrumen yang riskonya lebih rendah daripada saham. Nah, baiknya pemiliha instrumen investasi pun disesuaikan dengan profil risiko kita. Dalam dunia investasi, kerugian seringkali tidak dapat dihindari tetapi dapat diminimalisir dampaknya.

Dibandingkan dengan negara-negara maju, minat masyarakat Indonesia akan dunia investasi memang masih terbilang rendah. Rendahnya minat berinvestasi di Indonesia ini tidak terlepas dari banyaknya kalangan masyarakat yang masih berpendapat bahwa investasi hanya untuk orang-orang kaya saja. Kalau mau tahu lebih lanjut dan belajar bagaimana strategi perencanaan keuangan dan berinvestasi di usia 20an, kamu bisa cek podcast Kejar Mimpi bareng Fellexandro Ruby di aplikasi Kejar Mimpi. Aplikasi Kejar Mimpi bisa membantu memberikan inspirasi harian kamu lewat artikel dan video inspiratif.

BEKASI (IndependensI.com)- Kendati masa pandemi covid 19, investasi masuk Kota Bekasi, masih menggairahkan.Pemerintah setempat membukukan investasi senilai Rp 3,2 triliun pada semester pertama 2021. Capaian ini setara dengan realisasi forty seven persen dari goal yang ditetapkan. Dari sini kita bisa mengetahui bahwa investasi penting dilakukan karena memberikan keuntungan yang lebih baik dari cara konvensional seperti menabung. Kita tidak bisa menampik bahwa setiap tahun inflasi di negara kita cukup membuat khawatir apalagi inflasi biaya pendidikan. Ironisnya, pendidikan merupakan hal yang wajib diterima oleh semua warga negara Indonesia. Ketidakmampuan bertahan pada arus inflasi yang tinggi dengan keadaan finansial yang pas-pasan akan membuat Anda semakin tertekan.

Secara ekonomi, dalam investasi, pemodal akan membeli sesuatu yang tidak akan dipergunakan sekarang. Sesuatu yang dibeli tersebut disimpan sebagai harta yang setelah melewati masa tertentu dapat mengalami perubahan nilai. Maka dari itu, penting sekali memahami jenis-jenis investasi dan risikonya. “Penanaman modal, biasanya dalam jangka panjang untuk pengadaan aktiva tetap atau pembelian saham-saham dan surat berharga lain untuk memperoleh keuntungan .”