Ekonomi Islam Itu Hakikatnya Bukanlah Ekonomi, Melainkan Fikih!

Inovasi tidak selamanya memberikan perkembangan tetapi kadang juga melakukan pengurangan fitur. Pasti ada hambatan yang dialami oleh para pebisnis untuk mengembangkan usahanya. Kamu dituntut untuk mampu mengatasi segala jenis hambatan dalam inovasi, terutama saat akan mengembangkan bisnis. Misalnya, terdapat keterbatasan waktu, anggaran, dan sumber daya lainnya. Memang tidak semua pebisnis mampu meluangkan waktu untuk memikirkan tentang inovasi, tetapi kamu harus bisa memulainya meskipun hanya beberapa menit. Sebagai pengusaha sukses di Indonesia, kamu harus mampu bersaing dengan para pebisnis lainnya.

Memikirkan sautu inovasi baru dalam dunia bisnis

Ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengubah sebuah ide menjadi produk. Pertanyaan utamanya, apakah Anda siap untuk mengubah ide tersebut menjadi sebuah produk? Ide hanya akan sebatas mimpi tanpa sebuah usaha untuk mengubahnya menjadi suatu bentuk yang nyata. Kepandaian menjalin relasi dan berinteraksi dengan orang lain tidak hanya meluaskan jaringan relasimu, tetapi juga memberi banyak potensi untuk menjalin kerja sama.

Inovasi usaha sendiri tidak melulu soal peningkatan kualitas produk atau jasa yang dijual, tapi bisa juga melalui perbaikan distribusi, branding, serta sistem promosi yang dijalankan. Agar inovasi dalam bisnis terus berkelanjutan, maka penting untuk sebuah bisnis menjadikan inovasi sebagai budaya di dalam bisnisnya atau sistem kerja yang terstruktur. Cara mengembangkan inovasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, yang pertama adalah wirausahawan tersebut harus mengenali hubungan. Banyak penemuan dan inovasi lahir sebagai cara pandang terhadap suatu hubungan baru dan berbeda antara objek, proses, bahan, teknologi dan orang. Untuk membantu kreatifitas, kita dapat melakukan cara pandang kita terhadap hubungan kita dengan lingkungan alam sekitar.

Lakukan promosi dengan gencar, misalnya saja kamu bisa menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan produk kamu sehingga kamu bisa tetap mendapatkan pelanggan walaupun di tengah pandemi seperti ini. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk tetap mempertahankan bisnismu di tengah pandemi ini adalah dengan membuat inovasi yang baru. Banyak sekali usaha yang tumbang di tengah pandemi ini, oleh karena itu kamu harus memikirkan banyak cara supaya usahamu tetap berjalan dengan lancar. Karena selama masa pandemi ini lebih banyak aktifitas yang dilakukan di dalam rumah, maka tentu kamu bisa memanfaatkan itu.

Pilihlah orang dan komunitas yang sesuai dengan goal market, sehingga strategi ini bisa membawa segudang manfaat untuk bisnis. Usahakan dalam melakukan inovasi untuk bisnis tetap harus selaras dengan sektor industri bisnis kamu, ya! Inovasi yang digunakan juga sebaiknya memperhatikan kebutuhan goal market bisnis, bukan hanya yang terlihat sedang ngetrend, jadi tetap harus melakukan riset nih apa aja inovasi yang bakalan berguna dan cocok untuk bisnis masing-masing orang. Di era new normal ini, daya beli dan kepercayaan diri pembeli ketika ingin membeli suatu barang semakin menurun. Pembeli saat ini akan mengesampingkan keinginannya dan akan memprioritaskan kebutuhan.

Orang yang kreatif akan memiliki hubungan intuisi tertentu untuk dapat mengembangkan dan mengenali hubungan yang baru. Selain itu untuk dapat melakukan kreativitas agar dapat berimajinasi yang inovatif gunakanlah otak bagian kanan, sedangkan otak bagian kiri digunakan untuk bekerja. Proses kreativitas yang inovatif meliputi pemikiran logis dan analitis terhadap pengetahuan, evaluasi dan tahap implementasi. Jadi bila kita ingin lebih kreatif, kita harus melatih dan mengembangkan kemampuan kedua otak kita tersebut.