Ekonomi Tak Pasti & Resesi Menghantui, Banyak Menabung!

Memiliki tabungan berjangka membuat kamu dapat memenuhi target biaya kurban dengan lebih terencana. Sistem tabungan berjangka adalah autodebet setoran bulanan dari rekening sumber dana, dalam jumlah dan jangka waktu tertentu. Membawa bekal dari rumah saat berangkat ke sekolah bisa menjadi cara untuk berhemat. Dengan membawa bekal, kalian tidak perlu menghabiskan seluruh uang saku untuk jajan di sekolah.

Bayangkan saja jika kamu menabung dalam jangka waktu lama dan nominal kamu semakin besar maka akan semakin besar pula keuntungan yang akan kamu dapatkan. Ingat ada inflasi yang tiap tahun akan mempengaruhi harga kebutuhan hidup kita. Terlebih lagi jika kamu membutuhkan dana yang tak terduga seperti misalkan jatuh sakit yang membutuhkan biaya yang lumayan untuk pengobatannya. Cobalah membeli suatu barang yang diinginkan dari sisa uang jajan yang telah kamu sisihkan.

Mulai dengan menyisihkan penghasilan atau gaji Sobat Pintar dengan persenan yang kecil tapi cukup signifikan. Hal yang sudah selalu dilakukan oleh investor-investor pintar adalah untuk menyimpan kekayaan dalam bentuk investasi seperti real property, portofolio saham, dan banyak hal lainnya. Dari banyak aset di dunia modern yang bisa diinvestasikan, investasi emas tetap menjadi pilihan pertama di mata investor. Maklum, emas adalah investasi yang cukup mudah dan lebih aman dibanding investasi lain seperti actual property dan uang crypto.

Tetapi hanya melaporkan kegagalan untuk memenuhi standar perilaku minimal tidak mengubah kesalahan financial institution dalam melanggar tanggung jawabnya sejak awal. Jika dewan gagal mengambil tindakan perbaikan ketika kode itu dilanggar, dewan harus bertanggung jawab karena memberikan informasi yang salah atau menyesatkan dan melanggar jaminan kontrak. Meskipun gagal untuk menegakkan kode etiknya dapat membuat financial institution bertanggung jawab kepada pelanggan, gagal melaporkan pelanggaran membuatnya berpotensi bertanggung jawab atas tindakan pemegang saham.

Hal yang bisa dilakukan supaya kita rajin menabung

Kegiatan menabung tidak akan membuat Anda khawatir mengenai proses pengambilan dana apabila tiba-tiba membutuhkannya. Kegiatan menabung sangat fleksibel, Anda bisa menyisihkan uang kapan saja dan dapat mengambilnya kapan saja tanpa terikat waktu. Dari definisinya sendiri, ada perbedaan jelas mengenai pengertian menabung dengan melakukan investasi. Menabung hanyalah aktivitas menyisihkan sebagian uang dari pendapatan. Kita perlu realistis juga bahwa dari penghasilan yang kita dapatkan, kita perlu menggunakannya untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Hal ini disebabkan banyak masyarakat kelas menengah hanya menabung saja dan tidak melakukan menyalurkan uangnya di beberapa instrumen investasi lainnya. Sedangkan, masyarakat kelas atas sudah mulai mengembangkan dana di instrumen investasi lain yang dapat menjanjikan imbal hasil lebih besar dibandingkan hanya dengan menabung. Perlu kamu tahu, tabungan sebenarnya hanya cocok untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek. Sedangkan untuk kebutuhan jangka panjang seperti biaya pendidikan anak, kamu tetap harus mempunyai sumber dana selain tabungan. Ada penelitian yang menyebutkan, biaya hidup masyarakat kelas menengah saat ini lebih mahal 30% dibandingkan 20 tahun yang lalu.

Pada awal 2020, Qudian mencabut panduannya untuk tahun fiskal 2019, mengakui kesulitan yang disebabkan oleh lingkungan peraturan yang lebih ketat dan aturan privasi konsumen yang lebih ketat. Perbankan terdiri dari beberapa segmen — perbankan ritel, perbankan komersial, dan perbankan investasi. Juga dikenal sebagai perbankan konsumen atau pribadi, perbankan ritel melayani konsumen daripada korporasi. Bank-bank ini menawarkan layanan keuangan yang disesuaikan untuk individu termasuk rekening giro dan tabungan, hipotek, pinjaman, dan kartu kredit, serta layanan investasi tertentu. Ajaran ini bisa kita terapkan dalam pengelolaan keuangan, yaitu dengan mendorong diri kita agar menjadi lebih rajin menabung. Berapa sih, jumlah perfect yang seharusnya kamu sisihkan dari gaji bulanan sebagai tabungan?