Minapoli, Menebar Jala Bisnis Perikanan

Setahun kemudian, di usia 16 tahun, Yasa beralih ke bisnis mode. Terlahir dari keluarga biasa-biasa saja, anak kelahiran 1995 ini memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis sejak sangat belia. Sejak berusia 15 tahun, setelah ayahnya terkena serangan jantung dan harus dioperasi, ia mulai mencari uang sendiri dengan menjadi pembawa acara di berbagai acara ulang tahun dan musik. Dengan bermodal uang Rp5 juta dan pinjaman Rp70 juta dari ayahnya, ia membeli salah satu cabang yang kebetulan ditawarkan untuk diambilalih seharga Rp175 juta.

Untuk itu, kami sebagai pengusaha tidak perlu ragu menanamkan investasi yang lebih besar lagi,” ujar Witjak di Jakarta, Jumat (30/10). Menurutnya, paket kebijakan yang telah dikeluarkan pemerintah sesuai dengan kebutuhan dunia usaha saat ini. Dengan begitu, seharusnya tidak ada alasan bagi para pelaku usaha lokal maupun nasional untuk tak menambah jumlah investasinya. Perubahan-perubahan ini sejatinya harus disikapi dengan penciptaan-penciptan inovasi termasuk usaha menglobalkan suatu produk-produk perikanan lokal yang bernilai tinggi. Produk-produk perikanan ini, bisa dipasarkan tidak lagi dengan memasarkan secara konvensional dari suatu tempat terpencil ke kota-kota besar sebelum masuk ke pasar global. Produk-produk perikanan ini bisa langsung dipasarkan langsung ke negara-negara yang membutuhkan karena mereka tidak punya sumberdaya perikanan yang cukup untuk mengisi kebutuhan sumberdaya protein seperti yang telah dijelasakan di atas.

“Jadi di era pandemi ini, produk perikanan nampaknya masih tetap bertahan,” terang Sudarsana. Rully menambahkan, sulitnya mencari penyedia sarana dan prasana terkait perikanan menjadi motivasinya dalam melahirkan Minapoli. Ia berniat menjadikan Minapoli Slot Terbaru sebagai direktori informasi dan tempat pelaku bisnis perikanan saling menyebarluaskan jaringan. “Langkah yang diambil oleh pemerintah tersebut akan baik untuk dunia usaha di dalam negeri. Kami sangat optimistis dengan langkah yang diambil pemerintah.

Membuat peruntungan di bidang perikanan

Susi hanya mengantongi ijazah SMP lantaran drop out saat SMA. Dia lebih memilih berbisnis sebagai pedagang pengepul ikan di Pangandaran ketimbang sekolah. Pengusaha golongan pertama lebih beruntung karena tinggal melanjutkan usaha yang telah dirintis orang tua. Berbeda dengan pengusaha golongan kedua, yang harus merasakan perjuangan membuka usaha dari bawah. [newline]Namun, Suhu Yo menyebut, ada dua shio yang akan beruntung di tahun kerbau logam yaitu shio ayam dan shio ular. Adapun shio yang diperkirakan ciong ialah shio naga, shio anjing, shio kambing, dan shio kerbau sendiri. Sifat kerbau yang pekerja keras, kata Suhu Yo, memiliki kekurangan.

Strategi pemasaran gak melulu sebar brosur atau dari mulut ke mulut saja. Small Business Administration menemukan fakta bahwa 57% bisnis berasal dari dana pribadi sebagai modal awal bisnis. Apabila kamu memiliki tabungan yang cukup banyak, gak ada salahnya untuk memulai bisnis dari dana pribadimu. Dengan modal bisnis yang berasal dari dana pribadi, kamu bisa menjadi pemegang kekuasaan penuh terhadap perusahaanmu sendiri. Tipsnya, cari nama yang gak panjang, singkat tapi unik dan mudah diingat banyak orang.