Ternyata, Usaha Ini Mampu Bertahan Di Masa Pandemi

Karena saat ini bagi UMKM pilihan yang ada adalah berinovasi dan menyesuaikan diri atau perlahan karam gulung tikar. Pandemi Covid-19 yang saat ini masih terus melanda Indonesia masih menimbulkan banyak permasalahan hingga saat ini. [newline]Salah satunya adalah menurunnya omzet usaha- usaha mikro, kecil dan menengah . Penurunan ini meliputi banyak hal mulai dari turunnya permintaan konsumen, kesulitan memasok bahan baku, akses pengiriman yang terhambat, hingga pengurangan karyawan.

Mungkin bagi pelaku UMKM yang baru menjejaki digitalisasi merasa sulit melakukannya, masih banyak UMKM mengalami kendala menjalankan usaha dengan teknologi. Masalah utama UMKM yaitu konsumen yang awam menggunakan media sosial, serta kurangnya pengetahuan cara menjalankan usaha on-line. Namun Sekarang ini sudah banyak teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk mempelajarinya.

Misalnya, teknologi digital berupa aplikasi video convention bisa membantu para karyawan untuk bertatap muka jarak jauh dan menyelesaikan persoalan bisnis ketika masa krisis kesehatan akibat Pandemi Covid-19 saat ini. Bisnis digital atau Main Slot Online bisnis IT menjadi salah satu dari deretan sektor usaha yang dapat menjadi peluang usaha saat Corona dan dapat bertahan dalam kondisi krisis sekalipun. Sebagai pelaku UMKM, saat ini tidak mudah untuk mempertahankan usaha agar terus berjalan lancar.

Bertahan bisnis di masa pandemi ini

Pengusaha startup harus bangkit dan kembali berjuang dari nol agar tetap survive. Mencetak prestasi lagi, terutama meningkatkan penjualan, mengerek laba, dan memajukan bisnis. Sementara itu, Silvy yang merupakan perwakilan dari UMKM Karangwaru menuturkan cara bagi pelaku UMKM menentukan harga atau memperoleh keuntungan yang cukup agar bisa menumbuhkan pelaku UMKM apalagi dalam kondisi pandemi seperti sekarang. Selain itu, Christoper juga menggunakan jasa beberapa meals blogger dan public figure.

Dan dilihat dari dampak negatifnya yaitu lumpuhnya kegiatan perekonomian, banyak perusahaan yang memecat karyawannya, toko yang merugi, pengangguran meningkat dan begitu seterusnya. Oleh karena itu, sikap yang bijak untuk menghadapi permasalahan ini ialah harus bisa bertahan hidup dengan cara berbisnis dan berinvestasi. Pandemi Covid-19 mendorong perubahan sosial yang besar dan cepat di masyarakat, sekaligus ujian bagi para penggiat UMKM. Digitalisasi usaha merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan oleh UMKM untuk survive.